Mahasiswa Teknik Geologi Tim II KKN UNDIP Lengkapi Kebutuhan Informasi Balai Desa Sentul Melalui “Pembuatan Peta Administrasi Desa"

  • Aug 15, 2023
  • Desa Sentul

Mahasiswa Teknik Geologi Tim II KKN UNDIP Lengkapi Kebutuhan Informasi Balai Desa Sentul Melalui “Pembuatan Peta Administrasi Desa”


Batang (14/08/2023) - Program kerja yang dirancang oleh Kamila Nurul Hasanah dari program studi Teknik Geologi ini dilatarbelakangi oleh belum adanya keterbaruan data peta terkait Desa Sentul, dimana sebenarnya di Balai Desa Sentul sudah ada peta yang dibuat secara manual yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya disitu, sehingga menyebabkan keakuratan dan keupdatean informasinya pun masih kurang. Program pembuatan peta administrasi ini sebelumnya sudah dibicarakan dengan Kepala Desa Sentul dan hasilnya dapat dipajang di Balai Desa dengan ukuran yang besar dan dilihat banyak orang yang sedang berkunjung. “Dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat melengkapi informasi yang ada di Balai Desa Sentul”, ungkap Kamila selaku perancang dan pelaksana program kerja.

Seperti pada umumnya, Peta Adminisitrasi Desa ini berisi batas-batas wilayah dengan desa lain, antar Rukun Warga, dan antar Rukun Tetangga. Selain itu, terdapat juga infrastruktur penting yang ditandai dengan legendanya masing-masing, yaitu masjid/mushola, lapangan, POLINDES, dan sebagainya. Dalam proses pembuatan peta ini, terdapat beberapa batas dan titik yang tidak sesuai dengan google maps, sehingga perlu adanya validasi data penginderaan jarak jauh dengan data lapangan langsung.

Pembuatan peta administrasi desa ini terbagi menjadi 2 tahap yaitu pengambilan data dan pengolahan data. Dimulai dengan melakukan diskusi dengan beberapa perangkat desa untuk menghimpun data yang berkaitan dengan batas-batas administratif dusun dan RT/RW di Desa Sentul. Setelah tahap ini selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pemetaan lapangan dengan mengelilingi seluruh wilayah Desa Sentul. Dalam proses ini, data tentang jalan, sungai, mata air, masjid/mushola, dan berbagai fasilitas umum lainnya dicatat dengan akurat menggunakan aplikasi Avenza pada handphone dengan penandaan koordinat yang tepat. Setelah berhasil mengkompilasi semua data yang diperlukan, dilakukan proses pengolahan Peta melalui Software ArcGIS dan Google Earth Pro, lalu dilakukan proses finishing pada CorelDRAW. Selanjutnya, hasil poster peta berukuran A2 akan ditempelkan di Balai Desa. Hasil akhir peta tersebut diserahkan pada Senin, 14 Agustus 2023 di Balai Desa Sentul yang diterima langsung oleh Bapak Abdul Rosyid selaku Kepala Desa Sentul.

Diharapkan program kerja pembuatan peta administrasi Desa Sentul ini dapat mendukung tujuan pembangunan desa, terutama dalam menciptakan pemukiman inklusif dan berkelanjutan sesuai dengan SDGS. Dari adanya peta administrasi desa ini, harapannya dapat membantu dalam mengorganisir dan memvisualisasikan struktur administratif desa, meliputi batas-batas wilayah administratif pada desa seperti dusun atau RT/RW, kemudian peta administrasi desa ini juga dapat bertujuan untuk mempermudah pemerintah desa dan stakeholder terkait dalam perencanaan pembangunan lokal. Dengan melihat lokasi berbagai fasilitas seperti sekolah, pusat kesehatan, dan infrastruktur lainnya, sehingga dapat dilakukan suatu perencanaan mengenai alokasi sumber daya secara lebih efektif

Penulis : Kamila Nurul Hasanah (Teknik Geologi)

Dosen Pembimbing Lapangan : Rismiyati, B.Eng, M.Cs.